Ayo Bangun Kembali Kehidupan Rohingya

Kemiskinan, Kelaparan, Ketidakpastian hukum, dan Ketidakjelasan masa depan harus dirasakan oleh masyarakat Rohingya. Mari kita bantu mereka, agar dapat hidup seperti sediakala.

Simpan

Ayo Bangun Kembali Kehidupan Rohingya

Target

0 0

0%
0 101 hari tersisa

Ayo Bangun Kembali Kehidupan Rohingya

Update : 03 Jan, 2022


Assalammu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sahabat Dermawan, sudah dua tahun berlalu, masih teringat jelas diingatan kita Tragedi Kemanusiaan yang merenggut banyak korban jiwa yang tak berdosa melayang di daerah asal. pembantaian yang diduga sebagai “Niat Genosida” itu meninggalkan banyak luka dan duka yang begitu mendalam.

Lebih ironisnya, mereka bukanlah bagian dari penduduk kota yang madani. Mereka tidak memiliki status kewarganegaraan, mereka hidup tanpa hak-hak dasar yang umumnya diperoleh setiap insan manusia. Hanya sekedar bisa bertahan hidup saja, hal itu pun sudah sangat mereka syukuri.

31570620105dpg6lwe3mldmfb8vff5pp1ot8dvy9mxx0t5huv0k.jpg

Hingga kini, kemiskinan, kelaparan, ketidakpastian hukum dan ketidakjelasan masa depan masih harus ditanggung oleh mereka yang mengungsi ke beberapa negara. Mereka harus memenuhi kebutuhan dasarnya dengan mengandalkan bantuan, belum lagi masalah kesehatan yang rentan sekali mereka derita.

Menurut Catatan WHO, saat ini diperkirakan 913.316 pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar. Dari jumlah hampir satu juta orang pengungsi, WHO menyebut semua pengungsi Rohingya di Kamp Pengungsian menghadapi kerentanan kesehatan.

315706210447l78uazmxnnvntib4penhz7pfkvsrqv4be2toade.jpg

Melihat kondisi itu, Aksi Cepat Tanggap mempunyai tekad untuk terus berkomitmen membangun kembali kehidupan masyarakat Rohingya agar mereka dapat menjalani hidup normal seperti sediakala. Dengan Ikhtiar untuk membangun dan menghadirkan kesejahteraan untuk mereka, ACT tidak bisa bekerja sendirian, kami butuh bantuanmu.

#LetsHelpRohingya
#IndonesiaDermawan

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 07 Sep, 2020 Bukan hanya di Aceh, pendampingan etnis Rohingya masih berlanjut di Bangladesh.

Aspek pendidikan jadi salah satu yang mendapatkan perhatian penuh. Tak seperti para pengungsi korban konflik di negeri Muslim lain, etnis Rohingya nyaris tidak pernah mendapat akses pendidikan sama sekali sewaktu berada di tanah kelahiran mereka di Rakhine State. Hak-hak mereka direnggut, termasuk hak mendapatkan ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, ACT tak henti berikhtiar membantu menyalakan asa masa depan mereka, salah satunya dengan mendistribusikan bantuan pendidikan; baik untuk para pengungsi Rohingya di Aceh, maupun di Cox's Bazar, Bangladesh.

Nyaris sebulan setelah kehadiran mereka di Aceh, kegiatan belajar dan dukungan psikososial untuk pengungsi Rohingya masih dilakukan setiap hari. Para relawan MRI-ACT Aceh berusaha membimbing anak-anak belajar Bahasa Indonesia dasar, hingga baca tulis Alquran, tentunya diselingi kegiatan bermain yang asyik.

Adapun di kamp pengungsian Rohingya terbesar di Cox's Bazar, Bangladesh, ACT hadir mendistribusikan bantuan pendidikan. Seperti hari Senin (20/7) kemarin, penyaluran perlengkapan belajar untuk 100 anak kembali dilakukan di Madrasah Darus Salam Kutupalong, Cox's Bazar.

Insya Allah, adanya hadiah dari Sahabat Dermawan ini semakin meningkatkan semangat belajar mereka.
Sedekah Sekarang